Masjid Turen

Masjid Ajaib Turen

 

Masjid ini merupakan sebuah bangunan komplek yang terdiri dari Pondok Pesantren dan Masjid yang terletak di Desa Sanan Rejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini sekitar tahun 2008 yang lalu tiba-tiba menghebohkan. Konon masjid yang sangat megah ini dibangun tanpa sepengetahuan warga sekitar, dan menurut mitos dibangun oleh jin dalam waktu hanya semalam. Namun faktanya cerita Masjid Ajaib itu bukan cerita bohong, tapi nyata keberadaannya dan memberi banyak manfaat pada warga sekitar dan umat Islam, khususnya sebagai syiar agama Islam. Maksudnya kalau ceritanya boleh bohong, tapi komplek pondok pesantren dan Masjid itu benar-benar nyata, meskipun memang sedikit misteri, coba Anda bayangkan bangunan bertingkat 10 semegah itu dibangun tanpa alat berat / alat modern, semua serba manual pakai tenaga manusia yaitu para santri pondok’an. Sebenarnya Masjid ini adalah Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah, Pondok Pesantren tersebut konon mulai dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kiai Ahmad. Bangunan utama pondok dan masjid tersebut sudah mencapai 10 lantai, tingkat 1 sampai dengan 4 digunakan sebagai tempat kegiatan para Santri Pondok’an, lantai 6 seperti ruang keluarga, sedangkan lantai 5, 7, 8 terdapat toko-toko kecil yang di kelola oleh para Santriwati (Santri Wanita), berbagai macam makanan ringan dijual dengan harga murah, selain itu ada juga barang-barang yang dijual berupa pakaian Sarung, Sajadah, Jilbab, Tasbih dan sebagainya.

Tepatnya pada tanggal 25 Maret 2012 yang lalu saya dan keluarga berwisata religi ke Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah, atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Tiban / Masjid Misteri yang menghebohkan hingga beritanya tersebar kemana-mana, dari cerita itulah saya bersama anak istri ditemani adik ingin membuktikan keberadaan masjid yang selama ini hanya saya dengar ceritanya dari mulut ke mulut, Sesampai dilokasi tidak habis-habisnya saya memuji kemegahan masjid tersebut, arsitekturnya begitu mengundang decak kagum kepada semua pengunjung. Selama berkeliling hingga tingkat 10, sama sekali tidak merasa capek, mungkin karena ornamen bangunan yang saya lihat sangat memukau nan Indah di pandang mata.

sungguh merupakan keajaiban tersendiri mengingat bangunan tersebut hanya dikerjakan secara manual oleh para Santri tanpa menggunakan alat berat hingga mencapai tingkat sepuluh, dan yang mengherankan lagi ternyata pembangunan Pondok pesantren itu tepatnya tanpa seorang arsitek dan tanpa blueprint. Saya tidak bisa bercerita panjang lebar, bagi yang ingin membuktikan keberadaan bangunan tersebut silahkan berwisata religi dan datang langsung ke lokasi yang terletak di Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Masjid Turen, silahkan Hubungi Kami :
Informasi Wisata Malang

Comments are closed.